Beberapa fungsi atau rumus Excel yang sering digunakan oleh pengguna Excel adalah fungsi COUNT, COUNTA dan COUNTBLANK, Seperti contohnya fungsi COUNTA yang bisa digunakan untuk membuat rumus dinamis di Excel dan sebagainya.
Meski kelihatannya nama fungsinya hampir sama namun sebenarnya ada banyak perbedaan dalam penggunaannya.
Berikut penjelasan selengkapnya mengenai cara menggunakan rumus atau fungsi COUNT, COUNTA dan COUNTBLANK di Excel.
Meski kelihatannya nama fungsinya hampir sama namun sebenarnya ada banyak perbedaan dalam penggunaannya.
Daftar isi
- 01.Cara Menggunakan Fungsi COUNT di Excel
- 02.Cara Menggunakan Fungsi COUNTA di Excel
- 03.Cara Menggunakan Fungsi COUNTBLANK di Excel
Berikut penjelasan selengkapnya mengenai cara menggunakan rumus atau fungsi COUNT, COUNTA dan COUNTBLANK di Excel.
Cara Menggunakan Fungsi COUNT di Excel
Fungsi COUNT digunakan untuk mencari jumlah data numerik (angka) dalam daftar argumen atau sebuah range. Data berupa tanggal (date and time) juga dihitung sebagai data numerik karena yang diambil adalah valuenya.
Penulisan Syntax rumus COUNT di Excel adalah:
=COUNT(Value1; [Value2]; ...)
Penjelasan:
Value1 : Merupakan nilai yang diperlukan pada item pertama, referensi sel atau range yang ingin di hitung nilainya.
Value2 : Merupakan nilai opsional yang bisa di tambahkan hingga 255 item, referensi sel atau range yang ingin di hitung nilainya.
Contoh penggunaan fungsi COUNT di Excel:
Pada gambar di atas, dengan menggunakan rumus =COUNT(B3:B10) hasilnya adalah 5karena hanya ada 5 sel yang berisi data numerik (sel B3, B4, B7, B8 dan B9).
Cara Menggunakan Fungsi COUNTA di Excel
Fungsi rumus COUNTA digunakan untuk mencari jumlah seluruh data numerik, teks, dan lain-lain dalam dan daftar argumen atau sebuah range.
Penulisan Syntax rumus COUNTA di Excel adalah:
=COUNTA(Value1; [Value2]; ...)
Penjelasan:
Value1 : Merupakan nilai yang diperlukan pada item pertama, referensi sel atau range yang ingin di hitung nilainya.
Value2 : Merupakan nilai opsional yang bisa di tambahkan hingga 255 item, referensi sel atau range yang ingin di hitung nilainya.
Contoh penggunaan fungsi COUNTA di Excel:
Cara Menggunakan Fungsi COUNTBLANK di Excel
Fungsi COUNTBLANK digunakan untuk menentukan banyaknya sel kosong yang terdapat dalam range yang telah ditentukan.
Penulisan Syntax rumus COUNTBLANK di Excel adalah:
=COUNTBLANK(range)Penjelasan:
range : merupakan range data yang akan dihitung jumlah sel kosongnya.
Contoh penggunaan fungsi COUNTBLANK di Excel:
Pada gambar di atas, dengan menggunakan rumus =COUNTBLANK(B3:B10) hasilnya adalah 2 karena hanya ada 2 sel yang kosong (sel B6 dan B10).
No comments:
Post a Comment